Izin Usaha Warung Makan Sederhana

Izin Usaha Warung Makan Sederhana

Usaha rumah makan sederhana ini cocok bagi Anda yang ahli dalam bidang makanan atau kuliner. Rumah makan banyak dicari oleh orang-orang yang sedang bepergian, saat mersa lapar mereka pasti mencari tempat makan di pinggir jalan.

Nah, untuk membuka usaha rumah makan ini, Anda harus memperoleh izin usaha warung makan sederhana yang diajukan ke Dinas Pariwisata. Jika warung makan sederhana Anda menjual minuman yang mengandung alkohol, maka Anda juga perlu mengurus izinnya. Permohonan tersebut harus tertulis dengan mengisi formulir yang sudah disediakan oleh dinas terkait. Di samping menyerahkan formulir isian, Anda juga harus melampirkan dokumen berikut ini :

  1. Surat Keterangan tidak keberatan dari tetangga atu lingkungan sekitar yang diketahui oleh RT/RW/kelurahan atau kecamatan setempat;
  2. Surat Pengantar dari Lurah atau Camat setempat;
  3. Sertifikat tanah atau bukti kepemilikan tanah atau surat sewa bila tempat tersebut menyewa;
  4. SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan);
  5. Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) jika usaha perorangan.
  6. 2 lembar pas foto ukuran 3x4.

Sedangkan untuk mengurus Izin Sementara Usaha Pariwisata (ISUP), Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan umum pengurusan ISUP, yaitu sebagai berikut :

  • Akta Pendirian Perusahaan dan fotokopi KTP pengurus bagi yang diselenggarakan oleh badan hukum atau fotokopi KTP saja bagi usaha perorangan;
  • Bukti status tempat yang jelas atau fotokopi sertifikat kepemilikan tanah;
  • Bila diperlukan, Advice Planning (AP) dari Dinas Tata Kota;
  • Surat pernyataan tidak keberatan dari tetangga sekitar yang diketahui oleh RT/RW/Lurah/Camat setempat;
  • Gambar situasi tempat dan denah ruangan;
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Dengan mendapat izin usaha dari dinas terkait, maka usaha rumah makan Anda telah dikatakan legal dan tidak menyalahi aturan. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan usaha rumah makan sederhana tersebut dengan leluasa. Pilihlah tempat yang strategis untuk membuka rumah makan ini, serta buatlah semenarik mungkin agar orang-orang yang melihat tertarik dan akan mengunjungi rumah makan sederhana Anda.