Berbagai Jenis Hambatan Usaha Yang Perlu Diketahui

Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil

Memiliki sebuah usaha memang menjadi sebuah hal yang diimpikan oleh banyak orang karena dengan memiliki sebuah usaha maka Anda akan bisa memperoleh berbagai macam kelebihan seperti misalnya tidak harus terikat oleh jam kantor, memiliki kesempatan untuk menjadi seorang pemimpin, peluang untuk mendapatkan keuntungan finansial yang besar jika usahanya berkembang dan sukses, serta berbagai keuntungan lainnya yang membuat banyak orang ingin memiliki sebuah usaha.

Namun meskipun memiliki keinginan untuk memiliki sebuah usaha, pada umumnya sebagian orang akan memiliki masalah akan keterbatasan modal yang dimiliki. Hal ini bisa Anda atasi dengan menjalankan usaha dengan skala kecil yang tentu saja tidak akan mengeluarkan terlalu banyak biaya yang harus dikeluarkan sebagai modal di awal memulai usaha. Namun tentu saja dalam menjalankan sebuah usaha dengan skala yang kecil pastinya Anda akan menemukan beberapa hambatan serta masalah yang akan kami ulas di bawah ini.

Berbagai Jenis Hambatan Usaha Kecil Yang Perlu Diketahui


1. Terbatasnya Anggaran

Hambatan pertama yang biasanya dialami oleh pengusaha skala kecil adalah terbatasnya anggaran atau modal yang dimiliki, seperti yang Anda ketahui bahwa para pelaku usaha skala kecil pada umumnya memiliki anggaran yang minim. Hal ini tentunya akan membuat mereka merasakan kesulitan ketika harus melakukan promosi, mengembangkan skala usaha, serta melakukan inovasi.

2. Kurangnya Sumber Daya Manusia

Hambatan kedua yang juga biasanya dialami dalam usaha skala kecil yakni kurangnya sumber daya manusia, pelaku usaha skala kecil biasanya tidak memiliki anggaran yang banyak sehingga mereka akan merasa kesulitan jika harus merekrut karyawan karena mereka tidak kuat jika harus menggaji beberapa karyawannya sekaligus sehingga pelaku usaha kecil biasanya melakukan segalanya sendirian.

3. Terbatasnya Sarana dan Prasarana

Hambatan ketiga dalam menjalankan usaha dengan skala yang kecil adalah keterbatasan sarana dan prasarana, seperti yang Anda ketahui bahwa sarana dan prasarana tentunya akan sangat mempengaruhi kesuksesan dalam menjalankan sebuah bisnis. Bagi seorang pelaku usaha kecil yang hanya memiliki modal yang terbatas pastinya mereka akan mengalami kesulitan.

4. Terbatasnya Akses Informasi

Hambatan keempat yang juga biasa dialami oleh pelaku usaha kecil adalah keterbatasan akses informasi. Salah satu kunci sukses dalam menjalankan sebuah usaha adalah ketersediaan informasi yang cukup, informasi sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui keadaan pasar dan juga keinginan konsumen, tentunya Anda akan mengalami kesulitan jika tidak memiliki akses informasi.

5. Persaingan dari Luar

Hambatan kelima dalam menjalankan usaha skala kecil yakni adanya persaingan dari luar, hampir semua jenis usaha tentunya memiliki pesaing atau kompetitor yang mana menjalankan usaha dengan jenis yang sama. Para kompetitor ini pastinya akan selalu berusaha untuk memberikan sesuatu yang lebih kepada konsumen, jika Anda memiliki anggaran yang minim tentu akan kesulitan untuk menghadapi kompetitor.

Apabila Anda adalah seorang pelaku usaha skala kecil maka alangkah baiknya jika Anda mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai hambatan di atas.