Untung Rugi Memulai Usaha Dengan Pinjaman Modal Uang Bank


Seperti yang Anda ketahui bahwa ada banyak sekali orang yang ingin memiliki sebuah usaha, banyak orang yang ingin menjadi pengusaha karena tentunya mereka akan memiliki berbagai kelebihan yang tidak akan dimiliki jika Anda menjadi karyawan. Beberapa kelebihan jika Anda menjadi seorang pengusaha antara lain memiliki waktu yang fleksibel tanpa harus terikat jam kantor, peluang untuk memperoleh kebebasan finansial jika usaha Anda sukses, dan beberapa kelebihannya yang lain.

Namun tidak semua orang yang memiliki impian menjadi seorang pengusaha mampu untuk mewujudkan impiannya tersebut, sebagian besar orang terpaksa harus mengurungkan niatnya untuk menjadi seorang pengusaha karena masalah keterbatasan modal. Sebenarnya masalah keterbatasan modal ini bisa Anda atasi dengan berbagai macam cara yang mana salah satunya adalah dengan meminjam uang bank sehingga modal Anda akan cukup untuk memulai usaha, namun cara ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Untung Rugi Memulai Usaha Dengan Pinjaman Modal Uang Bank

Keuntungan Meminjam Uang Modal dari Bank


1. Modal Pinjaman Besar

Keuntungan pertama yang bisa Anda dapatkan apabila meminjam uang di bank sebagai modal untuk memulai usaha adalah jumlah uang sebagai modal pinjaman jumlahnya besar. Anda bisa memperoleh modal dari bank sesuai dengan kebutuhan Anda untuk memulai usaha, tentunya pinjaman dalam jumlah besar tersebut tidak bisa Anda peroleh jika Anda hanya meminjam dari kerabat ataupun teman.

2. Pembekalan Usaha

Keuntungan kedua yang juga bisa Anda peroleh jika meminjam uang di bank sebagai modal usaha adalah mendapatkan pembekalan usaha, hal ini sudah umum ada pada bank - bank yang besar di mana nasabah yang mengajukan pinjaman sebagai modal untuk memulai usaha akan mendapatkan fasilitas pembekalan usaha seperti misalnya workshop, seminar, bahkan hingga pelatihan manajemen.

3. Produk Kredit Beragam

Keuntungan ketiga yang juga bisa Anda dapatkan jika meminjam uang sebagai modal dari pihak bank yakni pilihan produk kredit yang beragam. Seperti yang Anda ketahui bahwa setiap bank biasanya berbagai macam produk kredit yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan seperti misalnya kredit multiguna, kredit tanpa agunan, kredit usaha rakyat, dan berbagai produk kredit lainnya.

Kerugian Meminjam Uang Modal dari Bank


1. Jatuh Tempo

Kerugian pertama jika Anda meminjam uang dari bank sebagai modal untuk usaha adalah adanya waktu jatuh tempo, hal ini tentunya akan membuat seorang pengusaha menjadi pusing. Apalagi jika usaha yang dijalankannya belum membuahkan keuntungan namun waktu untuk pembayaran hutang sudah dekat sehingga Anda akan mengharapkan adanya penundaan untuk membayarnya.

2. Bunga Pinjaman

Kerugian kedua apabila Anda meminjam uang di bank sebagai modal adalah adanya bunga pinjaman, hal ini biasanya Anda temukan jika Anda meminjam uang dari bank yang konvensional. Pihak bank tentunya tidak mau rugi dan ingin selalu untung sehingga mereka akan memberikan bunga pinjaman kepada para nasabah mereka yang meminjam uang sebagai modal untuk memulai usaha.

Apabila Anda sedang mengalami kekurangan anggaran sebagai modal untuk usaha maka Anda bisa meminjam dari bank, namun Anda tetap harus mempertimbangkan untung dan ruginya.